Jenis Tes yang Diperiksa:

  • SWAB PCR CoViD-19

Informasi Penting:

Persiapan : Tidak perlu persiapan khusus
Spesimen : Spesimen lainnya
Hasil : 24 jam

SWAB PCR CoViD-19

Rp 525.000

Pemeriksaan standar baku untuk diagnosa infeksi CoViD-19

Kategori:

Deskripsi

Swab PCR CoViD-19 adalah salah satu pemeriksaan yang menjadi standar baku emas diagnosa infeksi CoViD-19. Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengambil sampel dari usap hidung dan tenggorokan.

Walaupun merupakan standar baku emas, pemeriksaan PCR harus memiliki kriteria yang baik untuk digunakan sebagai alat bantu menegakkan diagnosa. Metode yang menjadi standar baku emas adalah RT-PCR. Gen target yang digunakan idealnya adalah lebih dari 2 gen target, dan salah satunya adalah gen target N.

Bila hasil negatif, belum tentu seseorang tidak terinfeksi CoViD-19, karena untuk ditemukannya virus melalui metode ini dibutuhkan jumlah virus yang cukup dan memperhitungkan masa inkubasi penyakit yaitu 2 – 14 hari. Tetapi bila dari pemeriksaan RT-PCR ini ditemukan virus atau dikatakan hasilnya positif, maka dapat dipastikan seseorang terinfeksi CoViD-19.

Menular tidaknya seseorang yang terindikasi positif melalui pemeriksaan PCR ini tidak dapat dipastikan, walaupun telah melalui masa isolasi mandiri 14 hari. Penelitian menunjukkan masih ada kemungkinan menular 6-8 % meskipun telah melalui masa isolasi mandiri 14 % yang hasil PCR nya masih positif. Memang pemeriksaan PCR tidak dapat menentukan apakah yang dideteksi itu adalah virus hidup atau mati. Untuk memastikan bahwa yang ditemukan adalah virus hidup, harus menggunakan metode kultur virus, di mana di negara kita metode kultur virus masih tersedia untuk penelitian saja.

Nilai CT yang tercantum pada pemeriksaan RT-PCR merupakan nilai yang menjelaskan banyak sedikitnya virus CoViD-19. Nilai CT (cycling time) yang rendah menunjukkan jumlah virus yang banyak. Artinya, alat hanya berputar sedikit kali untuk menemukan virus. Sedangkan nilai CT yang tinggi menunjukkan jumlah virus masih sedikit (tahap awal infeksi) atau  semakin sedikit (tahap akhir infeksi). Artinya, alat berputar banyak kali untuk menemukan virus.

0341 368 399
atau
0813 3213 1771 (whatsapp, line)
Jam Operasional:
Senin - Jumat (07.00 - 20.00 WIB)
Sabtu (07.00 - 16.00)