Jenis Tes yang Diperiksa:

  • RECTAL SWAB (USAP DUBUR)

Informasi Penting:

Persiapan : Tidak perlu persiapan khusus
Spesimen : Spesimen lainnya
Hasil : 3-4 hari

RECTAL SWAB

Rp 255.000

Pemeriksaan untuk menentukan apakah seseorang adalah pembawa (carrier) bakteri penyebab infeksi / radang saluran cerna.

Kategori:

Deskripsi

Pemeriksaan rectal swab (usap dubur) adalah pemeriksaan yang pada umumnya disyaratkan untuk bekerja di pabrik makanan atau minuman, F&B (Food & Beverage), restoran, kafe atau tempat-tempat di mana pekerja / staf / karyawan kontak dengan makanan atau minuman.
Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi “pembawa” (carrier) kuman-kuman yang menyebabkan gangguan pencernaan. Mikroorganisma / bakteri / kuman-kuman ini antara lain spesies Salmonella penyebab penyakit Typhoid, Shigella, E coli patogen penyebab diare atau gastro enteritis. Seseorang dapat menjadi “pembawa” bakteri ini walaupun dia sendiri tidak menderita sakit, tetapi dapat menyebarkan bakteri ini ke orang lain dan menyebabkan sakit. Cara transmisi bakteri ini adalah dari dubur (proses cebok) kemudian tanpa jaminan higienitas, terselip di bawah kuku, dan disebarkan ke makanan atau minuman yang diproduksi atau disajikan.
Prosedur pemeriksaan rectal swab sangat sederhana, yaitu petugas akan mencolokkan ujung lidi kapas ke dalam dubur dan kemudian memindahkan lidi kapas tersebut ke dalam tabung yang berisi media transpor. Proses selanjutnya adalah membiakkannya untuk melihat adanya kuman penyebab sakit / gangguan pencernaan (gastro enteritis).
Tidak ditemukannya bakteri penyebab gastroenteritis menjadi salah satu syarat diterima tidaknya seseorang bekerja di perusahaan produsen atau layanan makanan dan minuman tersebut. Apabila hasil pemeriksaan rectal swab tersebut positif ditemukan bakteri penyebab gastroenteritis, maka yang bersangkutan harus menjalani pengobatan hingga bakteri tersebut terbukti tidak terdeteksi.
Hasil pemeriksaan akan dapat diterima dalam waktu 2 – 4 hari sejak rectal swab dilakukan.

0341 368 399
atau
0813 3213 1771 (whatsapp, line)
Jam Operasional:
Senin - Jumat (07.00 - 20.00 WIB)
Sabtu (07.00 - 16.00)